1. Sikap Spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1
|
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari perumusan dasar negara
| |||||
2
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
| |||||
3
|
Mengucapkan rasa syukur atas perumusan UUD 1945 sesuai agama masing-masing
| |||||
3
|
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
| |||||
4
| ||||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 4
2. Sikap Sosial
a. Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1
|
Menjaga kebersihan kelas
| |||||
2
|
Suka menolong teman/orang lain
| |||||
3
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
| |||||
4
|
Rela berkorban untuk orang lain
| |||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 4
b. Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
| |||||
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
| |||||
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
| |||||
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
| |||||
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
| |||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 5
c. Disiplin
Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
| |
Ya
|
Tidak
| |||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
| |||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
| |||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
| |||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
| |||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
| |||
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
| |||
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
| |||
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
| |||
Jumlah
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila terdapat 7 – 8 jawaban YA
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
3. Pengetahuan
· Teknik Penilaian : Tes Tertulis
· Bentuk Instrumen : Uraian
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi konstitusi bagi suatu Negara
|
Jelaskan 3 fungsi konstitusi bagi suatu Negara
|
2
|
Peserta didik dapat menjelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
|
Jelaskan Hasil sidang BPUPKI yang kedua
|
3
|
Peserta didik dapat hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Jelaskan Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
4
|
Peserta didik dapat menjelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
|
Jelaskan peran tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945 di atas.
|
5
|
Peserta didik dapat menjelaskan nilai-nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945
|
Jelaskan nilai-nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945
|
KUNCI JAWABAN :
1. Fungsi konstitusi bagi suatu Negara :
· Membagi kekuasaan dalam negara, yakni antar cabang kekuasaan negara (terutama kekuasaan legislatif dan yudikatif), sehingga terwujud system checks and balances dalam penyelenggaraan negara.
· Membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa dalam negara.
· Menentukan lembaga Negara bekerja sama satu dengan lainnya
· Menjakin hak-hak warga Negara dari tindakan sewenang-wenang
· Menjadi landasan structural penyelenggaraan pemerintahan.
2. Hasil sidang BPUPKI yang kedua
1. Rancangan Undang-undang Dasar
2. Terdiri 37 pasal
3. Hasil sidang PPKI Tanggal 18 Agustus 1945
· Memilih Presiden dan Wakil Presiden
· Menetapkan UUD 145 dan dasar negara
· Membentuk KNIP
4. Peran tokoh-tokoh tersebut :
· Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat
Ø Sebagai Ketua BPUPKI (badan ini berhasil merumuskan rancangan undang-undang dasar)
Ø Anggota PPKI
· Ir. Soekarno,.
Ø Sebagai anggota BPUPKI
Ø Sebagai ketua panitia kecil (panitia sembilan) yang menghasilkan pembukaan hukum dasar (Piagam Jakarta)
Ø Sebagai Ketua PPKI
Ø Proklamator Kemerdekaan RI
· Mr. Mohammad Yamin
Ø Sebagai anggota BPUPKI dan sekaligus anggota Panitia Sembilan
Ø Merupakan salah satu tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara
Ø Beliau menyebut nama pembukaan hukum dasar dengan nama Piagam Jakarta
· Drs. Mohammad Hatta
Ø Anggota BPUPKI
Ø Anggota PPKI
Ø Proklamator Kemerdekaan RI
5. Nilai yang dapat diteladani dari tokoh-tokoh perumus UUD Negara Indonesia Tahun 1945:
Ø Prinsip musyawarah mufakat
Ø Semangat kebangsaan
Ø Menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan golongan
Ø Semangat persatuan dan kesatuan
Ø Semangat cinta tanah air
Pedoman pensekoran :
No Soal
|
Jawaban benar
|
skor
|
No Soal
|
Jawaban benar
|
skor
| |
1
|
Salah semua
|
0
|
4
|
Salah semua
|
0
| |
Benar 1
|
1
|
Benar 1
|
1
| |||
Benar 2
|
2
|
Benar 2
|
2
| |||
Benar 3
|
3
|
Benar 3
|
3
| |||
2
|
Salah semua
|
0
|
5
|
Salah semua
|
0
| |
Benar 1
|
1
|
Benar 1
|
1
| |||
Benar 2
|
2
|
Benar 2
|
2
| |||
3
|
Salah semua
|
0
|
Benar 3
|
3
| ||
Benar 1
|
1
|
Benar 4
|
5
| |||
Benar 2
|
2
| |||||
Benar 3
|
3
|
Jumlah skor maksimal
|
15
|
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Pedoman observasi
c. Instrumen Penilaian :
Pedoman Observasi Presentasi
Kelompok : ………
Kelas : ……….
Materi Pokok : ……….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Skor
| ||
Penguasaan Materi
|
Aktifitas
|
Kreatifitas
| |||
Pedoman Penilaian Display
Kelas : ……….
Materi Pokok : ……….
No
|
Kelompok
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Skor
| ||
Penguasaan Materi
|
Kreatifitas
|
Kerjasama
| |||
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
Pelaksanaan simulasi :
Lembar penilaian simulasi
Peran dan semangat tokoh perumus UUD 1945
No
|
Nama siswa
|
Kesesuaian dengan tema
|
Penjiwaan pemeran
|
Tanggapan kelompok
|
1
| ||||
2 dst
|
Keterangan
Kesesuaian dengan tema : Nilai maksimal = 40
• Nilai 40 jika sangat tepat dengan tema
• Nilai 30 jika tepat dengan tema
• Nilai 20 jika kurang tepat dengan tema
• Nilai 10 jika tidak tepat dengan tema
Penjiwaan pemeran : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika melaksanakan peran dengan penuh tanggung jawab sehingga sangat sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 20 jika melaksanakan peran dengan kurang tanggung jawab sehingga agak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
• Nilai 10 jika melaksanakan peran dengan tidak tanggung jawab sehingga tidak sesuai dengan karakter tokoh yang diperankan
Tanggapan kelompok lain : Nilai maksimal = 30
• Nilai 30 jika jawabannya sangat tepat
• Nilai 20 jika jawabannya kurang tepat
• Nilai 10 jika jawabannya tidak tepat
Lembar Observasi Keterampilan
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi pokok :
Aspek Penilaian
| ||||||
No
|
Nama peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jumlah
|
1
| ||||||
dst
| ||||||
Keterangan aspek penilaian
1. Kejelasan paparan
2. Sistematika paparan
3. Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
4. Memilikimkomitmen yang jelas terhadap UUD 1945
Jumlah skor
Nilai = ---------------------------------- X 100 =
Skor Maksimal
Terima kasih banyak kepada pak sumarno, data-data diatas sangat membantu saya, karena masih baru mengenal RPP, cara penilaian ini sangat membantu.
BalasHapustahanks untuk informasi mengenai kurikulum 2013.
BalasHapusrasanya saya baru saja mempelajari teknik penilaian kurikulum 2013. Dimana seorang guru sangat berperan dalam kurikulum ini,dan meningkatkan keproffesionalan seorang pendidik.
kurikulum 2013 mengalami kendala terutama buku guru dan buku siswa sementra ulangan tengah smeter sudah mendekat.apa yang diperbuat
BalasHapusterimakasih infonyaaa, sangat membantu (Y)
BalasHapusgomawooo
BalasHapusterima kasih bp
BalasHapus