Minggu, 09 Desember 2012

Model pengamatan kegiatan dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan penilaian Pendidikan Karakter Bangsa


Penilaian  diskusi kelompok  dalam materi  ( Bela negara )
Siswa diukur kemampuannya dalam keterlibatannya berdiskusi kelompok meliputi; keterlibatan dalam kelompok, kentusiasan dalam mengikuti diskusi, bekerja sama dengan anggota lain, dan memanfaatkan waktu. Indikator PKB yang diukur adalah Disiplin, Kerja keras, bersahabat dan komunikatif.
Instrumen
No

Aspek    Penilaian

Nilai PKB
Jumlah skor
BT
MT
MB
MK
1
2
3
4
  1
Keterlibatan dalam kelompok ( Disiplin )








  2
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi ( Kerja keras)








  3
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain ( Komunikatif)








  4
Kemampuan dalam bertanya ( Rasa Ingin tahu )








5
Kemampuan dalam menjawab ( Kreatif )








 
Skor maksimal








       
            Rubrik Penilaian
Skor Skala
Nilai PKB
Keterlibatan dalam kelompok
Keaktifan
( Disiplin )
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi
Presentasi
( Kerja keras)
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain
Kerjasama
( Komunikatif)
Kemampuan dalam
bertanya
( Rasa Ingin tahu )
Kemampuanh dalam menjawab
( Kreatif )
4
MK
Terlibat dengan sangat aktif
Sangat antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan sangat baik
Memanfaatkan waktu dengan sangat efektif
Sangat aktif menjawab dengan benar
3
MB
Terlibat dengan cukup aktif
Cukup antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan cukup baik
Memanfaatkan waktu dengan cukup efektif
Aktif menjawab dengan benar
2
MT
Terlibat dengan kurang aktif
Kurang antusias dalam mengikuti diskusi
Bekerja sama dengan kurang baik
Memanfaatkan waktu dengan kurang  efektif
Kurang aktif dalam menjawab
1
BT
Terlibat dengan tidak  aktif
Tidak  mau  mengikuti diskusi
Tidak mau bekerja sama
Memanfaatkan waktu dengan tidak  efektif
Tidak aktif dalam menjawab






Nilai Pengamatan PKB
Nama siswa
Keterlibatan dalam kelompok
Keaktifan
( Disiplin )
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi
Presentasi
( Kerja keras)
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain
Kerjasama
( Komunikatif)
Kemampuan dalam bertanya
( Rasa Ingin tahu )
Kemampuanh dalam menjawab
( Kreatif )

Skor diskusi




Nilai Diskusi


BT, MT, MB,MK

BT, MT, MB,MK

BT, MT, MB,MK

BT, MT, MB,MK

BT, MT, MB,MK
Keaktifan
Presentasi
Kerjasama
bertanya
Menjawab
Jumlah Skor






1-4
1-4
1-4
1-4
1-4
20

Aditya












Andika












Anita












Toyo












Dst.













Keterangan
                                    Skor perolehan
  Nilai Diskusi  =                                              X  100
                                  Skor Maksimal   


*) Diisi dengan:
·          BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·          MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·          MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·          MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar