Penilaian diskusi kelompok dalam materi ( Bela negara )
Siswa
diukur kemampuannya dalam keterlibatannya berdiskusi kelompok meliputi;
keterlibatan dalam kelompok, kentusiasan dalam mengikuti diskusi, bekerja sama
dengan anggota lain, dan memanfaatkan waktu. Indikator PKB yang diukur adalah Disiplin, Kerja keras, bersahabat dan
komunikatif.
Instrumen
No
|
Aspek Penilaian |
Nilai
PKB
|
Jumlah
skor
|
||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Keterlibatan dalam
kelompok ( Disiplin )
|
||||||||
2
|
Keantuasiasan dalam
mengikuti diskusi ( Kerja keras)
|
||||||||
3
|
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain ( Komunikatif)
|
||||||||
4
|
Kemampuan dalam bertanya ( Rasa Ingin tahu )
|
||||||||
5
|
Kemampuan dalam menjawab ( Kreatif )
|
||||||||
Skor maksimal
|
Rubrik Penilaian
Skor Skala
|
Nilai PKB
|
Keterlibatan dalam kelompok
Keaktifan
( Disiplin )
|
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi
Presentasi
( Kerja keras)
|
Kemampuan
bekerja sama dengan anggota lain
Kerjasama
( Komunikatif)
|
Kemampuan dalam
bertanya
( Rasa Ingin tahu )
|
Kemampuanh dalam menjawab
( Kreatif )
|
4
|
MK
|
Terlibat dengan
sangat aktif
|
Sangat antusias
dalam mengikuti diskusi
|
Bekerja sama
dengan sangat baik
|
Memanfaatkan
waktu dengan sangat efektif
|
Sangat aktif menjawab dengan benar
|
3
|
MB
|
Terlibat dengan
cukup aktif
|
Cukup antusias
dalam mengikuti diskusi
|
Bekerja sama
dengan cukup baik
|
Memanfaatkan
waktu dengan cukup efektif
|
Aktif menjawab dengan benar
|
2
|
MT
|
Terlibat dengan
kurang aktif
|
Kurang antusias
dalam mengikuti diskusi
|
Bekerja sama
dengan kurang baik
|
Memanfaatkan
waktu dengan kurang efektif
|
Kurang aktif dalam menjawab
|
1
|
BT
|
Terlibat dengan
tidak aktif
|
Tidak mau
mengikuti diskusi
|
Tidak mau
bekerja sama
|
Memanfaatkan
waktu dengan tidak efektif
|
Tidak aktif dalam menjawab
|
Nilai Pengamatan PKB
Nama siswa
|
Keterlibatan dalam kelompok
Keaktifan
( Disiplin )
|
Keantuasiasan dalam mengikuti diskusi
Presentasi
(
Kerja keras)
|
Kemampuan bekerja sama dengan anggota lain
Kerjasama
(
Komunikatif)
|
Kemampuan dalam bertanya
( Rasa
Ingin tahu )
|
Kemampuanh dalam menjawab
( Kreatif )
|
Skor diskusi
|
Nilai Diskusi
|
|||||
BT, MT, MB,MK
|
BT, MT, MB,MK
|
BT, MT, MB,MK
|
BT, MT, MB,MK
|
BT, MT, MB,MK
|
Keaktifan
|
Presentasi
|
Kerjasama
|
bertanya
|
Menjawab
|
Jumlah Skor
|
||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
20
|
|||||||
Aditya
|
||||||||||||
Andika
|
||||||||||||
Anita
|
||||||||||||
Toyo
|
||||||||||||
Dst.
|
Keterangan
∑ Skor perolehan
Nilai Diskusi = X 100
Skor Maksimal
*) Diisi
dengan:
·
BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
MT
(Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
·
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta
didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar